Belajar Hiragana

by - 15.54.00


Konbanwa, Mina-san! Hari ini kita mau belajar Hiragana nih! Sebenernya apa sih hiragana itu? Huruf Hiragana itu huruf bahasa Jepang asli yang dibuat oleh orang Jepang. Huruf ini berfungsi untuk menuliskan kata-kata asli Jepang (bukan serapan). Contoh, "watashi" yang artinya saya atau "Anata" yang artinya kamu. Hiragana itu ada macamnya :
  • Huruf Hiragana Seion
    Bunyi Seion adalah bunyi huruf hiragana dasar. Oh iya. Didalam huruf Jepang engga ada yang namanya huruf konsonan. Mereka hanya mengenal huruf vokal dan beberapa huruf lainnya. Nih, daftar huruf hiragana seion.

Lucky_Star_Hiragana_Wall_Chart_by_muddy_mudkip

  • Huruf Hiragana Dakuon

Bunyi Dakuon adalah bunyi huruf hiragana dasar dengan menambahkan [ `` ] tanda tenten (titik dua yang diletakkan di sebelah kanan atas huruf hiragana dasar). Dan [o] tanda maru (lingkaran kecil yang diletakkan di sebelah kanan atas huruf hiragana dasar).


  • Huruf Hiragana Yoon

Bunyi Yoon adalah bunyi huruf hiragana dasar dengan menambahkan huruf や(ya), ゆ(yu) dan よ(yo)yang ditulis lebih kecil daripada huruf dasar. Apabila huruf や(ya), ゆ(yu) dan よ(yo)ditulis sama dengan huruf dasar maka akan terbaca masing-masing hurufnya, misalnya huruf ひ や(hiya) berbeda dengan ひゃ(hya). Untuk itu perlu diperhatikan penulisan huruf tersebut. Huruf dasar yang menggunakan huruf や(ya)、ゆ(yu) dan よ(yo) adalah huruf dasar urutan kedua, misalnya; huruf き(ki)、し(shi)、ち(chi)、に(ni)、ひ(hi)、み(mi)、dan り(ri). Contoh:


f0937-hiragana-jepang-3

  •  Penulisan konsonan rangkap

Bunyi konsonan rangkap dinyatakan dengan huruf dasar つ(tsu) kecil yang ditempatkan di depan huruf yang mengandung bunyi konsonan. つ(tsu) kecil ini menunjukkan bahwa konsonan berikutnya diucapkan dengan hitungan dua suku-kata. Contoh:

EjaanHuruf HiraganaBahasa Indonesia
Kekkonけっこんpernikahan
Shippaiしっぱいgagal


  • Penulisan bunyi vokal panjang
Bunyi vokal panjang dihasilkan dari huruf dasar ditambah dengan bunyi vokal. Contohnya

Ejaan HurufHiraganaBahasa Indonesia
Okaasanおかあさんibu
Gakuseiがくせいsiswa
Shougakukinしょうがくきんmahasiswa
Oneesanおねえさんkakak perempuan
Kooriこおりes batu

Nah, gimana? gampang kan? wkwk... iya iya, emang rada susah. Tips gue nih ya, buat kalian yang mau hafal hiragana. Hafalin aja huruf hiragana seion atau hiragana dasar. Pasti kalian kesananya mengerti. Okeee???? Sekian yaa artikel kali ini. Next time, gue bakal bahas Katakana. Mata~ne!!!!

You May Also Like

0 komentar

Monggo di komen dan share artikelnya, sist, gan. Thanks udah mampir yaa ^^