Belajar Kanji Yuk!

by - 23.10.00



Konnichiwa, Mina!!! Sesuai dengan janji gue minggu lalu, kali ini kita akan ngebahas tentang KANJI. Tapi, gue akan lebih ngebahas tentang belajar Kanji with fun ways!!!Yeayy....Dah langsung aja yupss belajarnya.....
Hmm...Btw kalian tau gak, berapa jumlah huruf Kanji? Kalo menurut Wikipedia, Saat ini, terdapat 1.946 kanji yang terdaftar. Gilaaaa!!! Buaanyakk banget. Nah, kanji ini digunakan untuk mempersingkat tulisan. Nih, contohnya:

                                                  

Perhatikan Huruf-huruf diatas dengan baik, Sob! Huruf pertama yang paling atas dan paling rumit itu disebut Kanji. Kalo yang bawahnya lagi itu disebut Hiragana. Dan huruf paling bawah itu disebut Romaji atau tulisan biasa untuk mempermudah orang asing dalam mempelajari Bahasa Jepang. Btw, kalian ngerti kan apa yang gue maksud dengan "Mempersingkat tulisan"? Yaap, sesuai contoh diatas, Kalo kita mau nulis kata "KANJI" dengan hiragana kita perlu 3 huruf hiragana yaitu か (ka), ん (n), dan じ (Ji). Sedangkan kalo kita tulis menggunakan huruf Kanji hanya membutuhkan 2 huruf yaitu 漢 (Kan) dan 字 (Ji).

Ada dua macam cara baca tulisan Kanji yaitu Kunyomi dan Onyomi.

Kunyomi adalah cara baca Jepang, Onyomi adalah cara baca serapan bahasa Tionghoa. Zaman dulu, Pedagang Tionghoa ramai masuk ke Jepang. Dalam perkembangannya, Jepang yang tidak memiliki huruf tulisan baku, mengadaptasi sistem penulisan Tionghoa. Mereka mengambil karakter Kanji untuk menjadi bahasa mereka dan juga cara bacanya (Onyomi), dan digunakan juga untuk bahasa asli mereka (Kunyomi). Contoh : Kanji 水 (air), yg dalam bahasa Tionghoa dibaca 'Shui'.  Dalam Bahasa Jepang. Onyomi nya menjadi 'sui', sedangkan Kunyomi nya 'mizu'. Biasanya, cara baca onyomi digunakan jika beberapa Kanji bergabung membentuk satu kata; seperti 水曜日 Suiyōbi. Cara baca kunyomi biasanya digunakan untuk Kanji yang berdiri sendiri. Umumnya diikuti dengan Okurigana (hiragana yg mengikuti huruf Kanji).  Contoh : 美しい Utsukushii.

Intinya :

  • Kunyomi: Pengucapan Kanji dari bahasa Jepang asli.

  • Onyomi: Pengucapan Kanji serapan dari bahasa Tionghoa.

  • Okurigana: Hiragana pengikut kanji.

Guys, bentuk tulisan Mandarin dan Kanji Jepang itu hampir mirip, hanya saja terkadang cara membaca dan artinya berbeda. Contoh ya, guys...


Nah, tulisan yang diatas itu adalah Kanji Jepang angka 1 sampai 10.


Sedangkan yang dibawah Kanji, itu tulisan Mandarin 1 sampai 10.

Jadi, kalo kalian udah menguasai tulisan Mandarin, kalian pasti lancar dalam mempelajari Kanji Jepang. Nih, gue punya tips buat kalian yang mau belajar Kanji dengan cara asyik yang diantaranya sering atau pernah gue coba.



  • Bermain dengan Flashcard

                                                                

Yupp, bermain sambil belajar itu emang asik. Nah, cara ini bisa menjadi andalan kalian dalam belajar kanji. Flashcardnya bisa kalian buat sendiri menggunakan kertas. Atau mungkin kalo kalian males buatnya, kalian bisa beli di Online shop atau toko buku terdekat. Oh, iya. Barusan gue dapet info nih. Ternyata ada Flashcard yang lucuuu banget. Namanya Moekanji. Kalian bisa beli ini di online shop. Harganya 2500 yen atau kalo di rupiah kan sekitar 250 ribu. Hmm...Lumayan juga ya. Untuk info lebih lanjut, kalian bisa kunjungi => http://www.dannychoo.com/en/post/26524/Moekanji.html

 



Lucu kan, Moekanjinya ^^



  • Anime Manga

                                       

Kyaaa, seru banget nih web! Kalian musti cobain keseruannya. Kalian bisa belajar bahasa Jepang dengan games. Keren banget, kan. Oh, iya. Website bisa kalian akses menggunakan 5 bahasa, yaitu bahasa Inggris, Spanyol, Korea, China, dan Prancis. Yaah, sayang ya engga ada bahasa Indonesia :( tapi, tenang ada bahasa Inggris kok.

  • Manfaatin Gadgetmuuu

Hari gini hp cuma dipake buat selfie? Gaa Jaman!!! Pake dong smartphone kalian buat hal-hal yang berguna seperti belajar kanji. Banyak kok aplikasi untuk belajar yang seru. Nah, dibawah ini contoh aplikasi-aplikasinya:

  1. Learning Kanji

  2. Obenkyo

  3. Wakan

  4. JA Sensei

  5. Japanese-kanji (18-kanjis)
  6.  
     
  • Beli Buku Kanji

Kalo kalian punya kelebihan uang, cobalah kalian beli buku panduan belajar Kanji. Nih, gue punya rekomendasi buku yang bagus buat kalian. Namanya 'METODE PRAKTIS MENGUASAI KANJI'. Jadi, dalam buku itu kita bisa belajar kanji menggunakan bentuk-bentuk benda yang ada disekitar kita.

                                                          IMG_1536
                                                                              Yaaap, itu cover bukunyaa  
                                                                                                                                                                                                         IMG_1540IMG_1539

Okaaay, sekian dulu yaa artikel kali ini. Mungkin kapan-kapan gue bakal bahas lagi tentang kanji. Jujur, guys, gue engga apal banyak kanji. Jadi, disini gue cuma sharing aja apa yang gue tau. Matane, Minaaaa!!!!

                   





SUMBER :

  • http://kursus-jepang-evergreen.com/index.php/tulisan-jepang/15-kanji

  • Om gugel

You May Also Like

1 komentar

Monggo di komen dan share artikelnya, sist, gan. Thanks udah mampir yaa ^^