Cerdas Memilih Jurusan! #1

by - 19.22.00


Yuhuu~ bertemu lagi di Dokira chan Blog! Kali ini gue engga akan nge bahas soal Jepang karena gue yakin engga semua orang itu suka hal-hal bernuansa Jepang atau sering disebut Weabo (Wibu). Gue akui gue emang wibu tapi ya engga parah-parah amat, gue engga begitu suka anime sih. Okay, back to topic, ya...
Kenapa dalam artikel ini gue menuliskan judul, "Cerdas Memilih Jurusan!"? Karena mungkin saja diantara kalian ada yang masih bingung mau masuk jurusan mana khususnya kalian yang ingin mau melanjutkan SMA/SMK. Sambil cerita-cerita dikit ya, Jujur, gue awal masuk SMA gue pilih jurusan IPA. Yaa kenapa ipa? gue waktu smp emang suka Ipa apalagi biologi dan gue punya cita-cita menjadi dokter. Ditambah sepupu dan kerabat gue ada yang jadi dokter, Widiw tambah bulet dah cita-cita gue jadi seorang dokter. Nah, pas pengumuman PPDB ONLINE (itu loh yang penerimaan siswa/i di SMA), gue berhasil masuk ke SMA yang katanya sih favorit, kepala gue udah dipenuhi dengan tekad harus jadi DOKTER. Sebelum test jurusan ipa/ips, gue mati-matian belajar buat penjurusan meski yaa engga semaksimal waktu sebelum UN. Pas harinya test penjurusan, Pertama ngerjain soal Psikotes gitu abis itu ngerjain soal ipa/ips. Soalnya gimana? behh.. jan ditanya lah, mungkin kalo saat itu gue belajar maksimal seperti UN dan gue belajar materi IPS ya mungkin gue bisa ngerjain. Tapi, stupid nya  gue, Gue malah ngasal jawaban untuk soal IPS dan engga mikir bahwa saingan di SMA gue itu pinter-pinter. Saat hasil pengumuman penjurusan ternyata gue masuk IPS. Saat itu gue sedih bukan main, vrohh... Gue berharap masuk IPA malah IPS. Apalagi pas sebelum pengumuman penjurusan, Ayah gue setiap abis nganterin gue sekolah selalu bilang "Hati-hati ya, bu, dokter." Makin sedih gue inget betapa berharapnya bokap gue supaya gue jadi dokter. Pas pengumuman gue nangis, sob, teman-teman yang senasib kayak gue juga nangis. Tapi, temen-temen gue yang sesuai dengan keinginan mereka malah seneng. Gue maklumin itu. Tapi, jujur gue rada kesel sama orang-orang yang engga belajar mati-matian bahkan engga belajar eh mereka malah berhasil masuk jurusan sesuai keinginan mereka. Akhirnya gue minta sama mama gue untuk memindahkan gue ke IPA, kebetulan banyak juga orang tua murid yang meminta anaknya pindah jurusan ke IPA. Pokoknya singkat cerita, gue dan temen-temen gue yang pengen ke IPA ditest ulang kayak awal penjurusan. Gue belajar lagi, sob. Dan pas ngerjain soalnya... Subhanallah, susahnya lebih dari awal penjurusan. Dan parahnya yang diambil buat ke IPA cuma 5 orang kalo engga salah dari 30 anak yang pengen ke IPA. Akhirnya gue nangis lagi. Ortu gue bingung menghadapi gue, akhirnya mereka menawarkan gue untuk pindah sekolah. Gue rada tergiur buat pindah, tapi gue berpikir buat masuk SMA itu aja susah dan mengingat alumni SMA itu yang masuk PTN banyak, kenapa gue pindah. Dimasa-masa itu banyak banget kejadian yang mungkin engga bakal gue lupa sampai kapanpun, dan akhirnya gue berusaha untuk menerima keadaan dan bertahan di SMA ini sampai sekarang. Ternyata, sob, IPS juga susah banget dan mana saingan gue pinter-pinter. Awalnya, gue percaya anak IPS itu nyantai belajarnya dan gue sering bilang ketemen-temen gue yang pinter, "Lah, lu kan pinter ngapain masuk IPS." Nah, disini GUE MINTA MAAF SEBESAR-BESARNYA KARENA GUE MEREMEHKAN IPS, MAAFKANLAH SAYA. IPS ITU SULIT, IPA ITU SULIT, BAHASA ITU SULIT. SEMUA SULIT. MAAFKANLAH SAYA....Beneran dah, sob, IPS itu engga se-nyantai yang kalian bayangkan. Dan yang berpikiran IPS itu mau jadi apa, behh banyak banget profesi dari IPS. Gue pun belajar dari pagi sampe malem, belum lagi les, belum lagi tugas, belum lagi ulangan X( engga ada waktu buat seneng. Yaa, engga papalah yang penting dengan gue kayak gini, gue bakal jadi orang SUKSES. Aamiinn!!! Btw, kalo kalian emang pengen jadi Dokter tapi masuknya IPS di SMA, engga usah bersedih. Gue dulu malah ada niatan buat ambil les mapel ipa pas masuk jurusan IPS, karena dokter bisa dari IPS. Tapi kalian harus ambil test IPC ntar dah gue terangi kapan-kapan. Niatan gue buat ambil les engga didukung sama ortu karena takut mengganggu mapel IPS di Sekolah. Eh, iya. Gue udah ganti cita-cita nih, sob... Gue memutuskan buat ambil jurusan Sastra Jepang yang nantinya gue mau kerja di Kedutaan Jepang. Awalnya sih pengen ambil Psikologi tapi, gue merasa Sosiologi gue aja remed dan temen-temen gue banyak banget yang ngambil Psikologi. Yaa, akhirnya gue pilih sesuai dengan kemampuan dan minat gue.

Okelah, Sobat-sobatkuuu, lanjut ke artikel berikutnya yaa, karena gue akan bahas tentang "Cerdas Memilih Jurusan! #2". Bye~Baii

You May Also Like

0 komentar

Monggo di komen dan share artikelnya, sist, gan. Thanks udah mampir yaa ^^